Empat Lawang

2 Bupati Ini Tinggal Menunggu Surat Pemberhentian Dari Kemendagri

2 Bupati Ini Tinggal Menunggu Surat Pemberhentian Dari Kemendagri

Kabarsumsel.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  masih menunggu SK Mendagri surat pemberhentian tetap Bupati Empat Lawang HBA (H Budi Antoni Aldjufri) dan Bupati Muba H Pahri Azhari.

Kita sudah mengusulkan surat pemberhentian keduanya beberapa waktu lalu, hal ini disampaikan Karo Kerjasama dan Otoda Drs. Amsin Kamis (16/6) Diruang kerjanya.

“Sehubungan dengan proses hukumnya sudah incracht, Gubernur sudah mengajukan surat pemberhentian tetap Bupati Empat Lawang HBA (H Budi Antoni Aldjufri) dan Bupati Muba H Pahri Azhari ke Kemendagri. Diberhentikan dulu baru diusulkan untuk pengangkatan. Sudah dua minggu yang lewat. Sedang diproses di Kemendagri,” ungkapnya

Dijelaskannya untuk proses selanjutnya begitu surat itu turun, akan disampaikan ke DPRD Empatlawang. Kemudian mengadakan sidang Paripurna mengumumkan HBA dan mengusulkan Syahril Hanafiah yang saat ini masih Plt menjadi Bupati Definitif. Sekaligus diusulkan pemberhentiannya sebagai Wabup.

Hasil itu disampaikan kembali ke Gubernur dan Mendagri untuk di-SK kan. Setelah ada SK maka akan dijadwalkan pelantikan Bupati definitif di Ibukota Provinsi.

“Sama halnya dengan Muba. Hanya saja Muba tidak perlu wakil bupati lagi. Karena tidak sampai 18 bulan lagi masa jabatan kepala daerah di Muba. Sementara mekanisme pengusulan Wabup Empat Lawang sama halnya dengan proses pengusulan dan pemilihan Wawako Palembang. Parpol pengusung dan pendukung mengajukan nama calon kepada Bupati Empat Lawang definitif,” kata Amsin.

Ketika disinggung soal mandegnya proses pengangkatan Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam SH SE MM, Amsin masih enggan berkomentar panjang.

“Untuk masalah OI, kita serahkan prosesnya di DPRD OI,” ujar mantan Kabag Pemerintahan Pemkab Muba. (***/rel)

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top