Hukum

377 Warga Binaan Lapas Tj Raja Terima Remisi, 17 Diantaranya Bebas

Tanjung Raja, Infosumatera.com – Bertepatan dengan HUT RI Ke-73 Lapas Kelas IIA Tanjung Raja menggelar acara pemberian remisi bagi ratusan Narapidana. Diantaranya sebanyak 17 WBP menerima Remisi Umum II dan akan bebas tepat di hari ulang tahun kemerdekaan pada Jumat, 17 Agustus 2018.

Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Tanjung Raja melalui Kasubsi Registrasi Dedy Irawan, Amd.IP, SH, MH mengatakan bahwa Remisi adalah Pemberian remisi tersebut merupakan kewajiban negara dalam memenuhi hak-hak narapidana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan tidak semua narapidana berhak mendapatkan remisi.

“Adapun penerima remisi adalah berkelakuan baik dan minimal sudah menjalankan masa pidana selama enam bulan di lapas tempat warga binaan menjalani pidananya”, ujar Dedy.

Lebih lanjut Dedy menambahkan Hak tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999. Selain itu pemberian remisi juga meringankan beban Lapas karena warga binaan pemasyarakatan di dalam lapas sudah over capacity.

“Di Lapas klas IIA Tanjung Raja Pemberian remisi pada HUT RI kali ini sebanyak 377 orang Warga Binaan, dengan rincian Remisi 1 bulan 68 orang, Remisi 2 bulan 86 orang, Remisi 3 bulan 127 orang, Remisi 4 bulan 62 orang, Remisi 5 bulan 32 orang, Remisi 6 bulan 2 orang”, papar Dedy.

Di sisi lain, Ahmad Feri salah satu warga binaan yang menerima remisi pada hari kemerdekaan kali ini mengaku sangat senang. “Saya sangat senang dan berterima kasih dengan adanya remisi 17 Agustus ini karena saya bisa langsung bebas dan bisa berkumpul dengan
keluarga yang sangat dirindukan”, ungkap Ahmad Feri (32).

Acara pemberian remisi tersebut dihadiri oleh Bupati Ogan Ilir dan unsur Forkompinda. Setelah acara pemberian remisi dilanjutkan dengan dialog antara WBP dengan Bupati selaku kepala daerah.

Perwakilan WBP yaitu Johardi (34) dan Redi (38) mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh bapak Bupati seperti air, sumur bor, dan lain-lain. Selain itu mereka meminta kurban sapi sehubungan idul adha pekan depan dengan nada bercanda. Bapak Bupati pun merespon dengan baik dan berjanji akan memberikan fasilitas untuk masjid, klinik, dan bak mandi demi menunjang kesejahteraan di lapas (*)

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top