Lahat

Belum Ada Akses Jalan, Empat Desa Perbaiki Jalan Dengan Cara Ini

Kapolsek Kikim Barat Iptu Herdi saat melakukan musyawarah

Lahat, Kabarsumsel.id – Menghubungkan masyarakat empat desa yakni Desa Lubuk Seketi, Desa Sukarami, Desa Purworejo dan Bandarjaya, Kecamatan Kikim Barat, Lahat yang masih belum adanya akses jalan Kabupaten.

Membuat masyarakat setempat, sepakat memortal jalan. Entah aksi ini bentuk ketidakpuasan warga setempat, atau karna hal lainnya pada pemerintah. Hanya saja, pengakuan warga setempat, pemortalan jalan itu karena sedang adanya perbaikan jalan, hasil swadaya masyarakat.

“Benar, empat desa telah bermusyawarah di kantor camat beberapa hari lalu. Sepakat akan swadaya menimbun jalan, untuk kelancaran masyarakat,” ujar Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kapolsek Kikim Barat, Iptu Herdi, Minggu (18/3).

Langkah tersebut diambil, karena masyarakat sangat membutuhkan akses jalan yang bagus. Terlebih lagi hingga detik ini akses jalan perkebunan diwilayah itu, sangat memprihatinkan. Sehingga warga kesulitan dalan mengangkut hasil kebun.

“Akses jalan akan dibangun oleh tiga Desa, yaitu Desa Lubuk Seketi, Sukarami dan Purworejo. Untuk sementara, kecuali truck engkel keatas, dilarang lewat sampai pembangunan jalan selesai,” sampainya.

Sementara Plt Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Lahat, Mirza mengapresiasi yang dilakukan oleh masyarakat desa tersebut, sehingga kedepan bisa jadi prioritas pemda. Pihaknya siap membantu alat berat untuk mepermudah perbaikan. Saat ini pihaknya terkendala dana.

“Jalan yang ditimbun memang jalan kabupaten, sepanjang 15 km. Sementara tahun ini menggunakan dana pusat, difokuskan pada pemeliharaan jalan ke Talang Sawah, Talang Sejemput, air lingkar tembus ke Pagar Gunung sepanjang 17 km,” ucapnya.

Editor : FSS

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top