Musi Rawas

Dukung Gerakan Musi Rawas Sempurna Bersodaqoh, Sejumlah SKPD Membawa Nasi Kotak

Dukung Gerakan Musi Rawas Sempurna Bersodaqoh, Sejumlah SKPD Membawa Nasi Kotak

Dukung Gerakan Musi Rawas Sempurna Bersodaqoh, Sejumlah SKPD Membawa Nasi Kotak

Kabarsumsel.com | Musi Rawas, Dalam pelaksanaan puasa ramadhan 1437 hijriah tahun 2016 ini, Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas melaksanakan safaari ramadhan di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

Di hari ini yang ke 15 Ramadhan 1437 H (Senin, 20 Juni 2016) Bupati Musi Rawas H.Hendra Gunawan dan Wakil Bupati Musi Rawas Hj.Suwarti mengunjungi Masjid Al-Jihad Desa R.Rejo Sari Kecamatan Purwodadi. Tampak hadir dalam rombongan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas Hj.Noviar Gunawan dan Kepala SKPD.

Sebelum Sholat Tarawih berjama’ah, Bupati dan Wabup bersama masyarakat Desa R.Rejo Sari menanti saatnya berbuka puasa.

Dengan menu berbuka yang sederhana namun terasa nikmat karena kita berbuka puasa bersama Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati ujar Mulyono warga Desa R.Rejo Sari menjelaskan.

Setelah berbuka puasa bersama dilanjutkan Sholat Maghrib berjama’ah dan dilanjutkan dengan makan malam bersama.

Cukup unik safari Ramadhan ditahun 1437 H / 2016 ini, SKPD masing-masing turut serta membawa nasi kotak untuk berbuka puasa bersama masyarakat di Desa tersebut.

H.Hendra Gunawan mengutarakan, “ini salah satu bentuk wujud kepedulian Pemerintah Musi Rawas bersama-sama masyarakat dengan Gerakan Musi Rawas Sempurna Bersodaqoh”.

Dalam sambutannya usai Sholat Tarawih berjama’ah Bupati Musi Rawas menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Musi Rawas, khususnya Desa R.Rejo Sari yang bersemangat menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan dengan bersemangat, sesuai dengan VISI Musi Rawas SEMPURNA Bupati dan Wakil Bupati untuk 5 tahun kedepan yang “R” nya adalah Religius.

SEMPURNA sendiri merupakan singkatan dari SEjahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman dan Aman.

Bupati juga menyampaikan bantuan kepada pengurus Masjid Al-Jihad R.Rejo Sari sejumlah uang sebesar 10 juta rupiah.

Ketua PKK Musi Rawas juga menyampaikan bingkisan kepada pengurus PKK Desa R.Rejo Sari.

Penceramah yang hadir pada safari Ramadhan yang ke 15 Ustd.H.Rusli Arba’ah BA. Beliau menyampaikan pentingnya “niyat” bagi orang muslim. Pentingnya Niat Dalam Segala Hal Khususnya Ibadah

عََنْ اََمِِيْْر الْمُؤْمِنِيْنََ اََبِِى حَفْْصٍ عُمََرَ ابْنِ الْخَطَّّابِ رَضِيَ اللَّهُُ عََنْهُ قَالََ : سَمِِعْْتُ رََسُوْلََ اللَّهِ صَلََّى اللَّّهُ عََلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : اِنَّمَا الاَعْْمََالُُ بِالنِِّّيَّاتِ واِِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ اِلَى اللََّهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ اِلَى اللَّهِ وَرَسُوْلِهِ وَمَن كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا اَوِامْرَاَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ اِلَى مَاهَاجَرَ اِلَيْهِ . رواه البخارى و مسلم

Artinya :
Diriwayatkan dari Amirul mukminin Abu Hafs Umar ibn Khottob r.a berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Hanyalah amalan perbuatan itu tergantung pada niatnya . Dan hanyalah setiap orang itu tergantung pada apa yang diniatkan. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rasulnya maka hijrahnya itu menuju Allah dan Rasulnya, barangsiapa yang berhijrah karena dunia yang dia harapkan dan karena wanita yang hendak ia nikahi , maka hijrahnya menuju apa yang ia inginkan ( H.R. Bukhori Muslim )

Dari Hadits tersebut ada pelajaran yang sangat penting, yaitu amalan hati atau niat . Niat adalah kehendak hati untuk melakukan amalan tertentu. Disitulah Allah melihat hati kita , bukan pekerjaan lahiriyah .

Pekerjaan lahiriyah walaupun sama sama dilakukan, namun nilainya di sisi Allah akan berbeda. Suatu pekerjaan yang seolah olah behubungan dengan masalah Dunia, namun jika diniatkan semata mata karena Allah , ada nilai pahalanya. Begitupula sebaliknya suatu pekerjaan yang seolah olah berhubungan dengan Ibadah tertentu, namun jika niatnya bukan karena Allah, maka tidak ada nilai Ibadahnya .

Betapa pentingnya bagi setiap Muslim untuk selalu menyandarkan hatinya semata mata untuk Allah dalam setiap langkah dan nafas. Yang akan membuahkan nilai Ibadah pada setiap apa yang dilakukanya.

Niat juga bisa membedakan amalan Ibadah yang satu dengan Amalan Ibadah yang lainya .Maka dari itu Ulama menetapkan rukun dalam setiap Ibadah , sebagai rukun yang pertama adalah NIAT . Niat adalah pondasi utama dalam Ibadah Mahdhoh .

Tanpa niat yang benar , maka ibadah akan sia sia bahkan ditolaknya Suatu amalan Ibadah. (Hms)

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top