Hukum

Gara-gara Maling Ayam, Ayen Terancam Lebaran di Bui Tahun Ini

PALI, Kabarsumsel.com – Niat  Ayen Herianto (26), warga Dusun IV, Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk memlihara Ayam yang rencananya akan dipersiapkan pada Hari Raya Idul Fitri mendatang musnah sudah. Niat itu musnah dikarenakan usaha Ayen yang tidak benar, ia nekat mencuri puluhan ayam ternak milik Deni Repiansyah, pengusaha peternakan ayam dari Desa Benuang.

Akibat perbuatannya itu, akhirnya Ayen berurusan dengan pihak kepolisian dan terancam 7 bulan kurungan, dan itu bearti ia terancam lebaran di dalam bui..

Kepada petugas, Ayen menceritakan kronologis aksi maling ayam yang dilakukannya bersama satu orang temannya RSL (DPO).

“Aku masuk naik dari samping kandang. Samo kawan aku yang bawa karung yang sudah disiapke. Lah tigo kali pak aku maling ayamnyo, totalnyo 45 ekor pak yang aku ambek,” kilah Ayen.

Ayen mengaku aksinya dilatarbelakangi keinginan dirinya untuk memelihara ayam untuk dipersiapkan Hari Raya mendatang.

“Idak nak aku jual pak ayam itu, aku cuma pengen meliharonyo bae untuk pas hari rayo agek,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolsek Talang Ubi, Kompol Victor Eduard Tondaes SE melalui Wakapolsek Talang Ubi, Iptu Sugeng Wahyudi didampingi Kanit Reskrim, Iptu Rusli SH, membenarkan penangkapan terhadap Ayen atas laporan dari Deni dengan nomor LP/B/15/ I/2017/SUMSEL/RES M ENIM/SEK TL UBI, tanggal 16 Januari 2017 yang mengaku kehilangan ribuan ekor ayam selama satu bulan ini.

“Kemarin (Kamis, 19/1, red) sekira jam 21.30 WIB telah dilakukan penangkapan terhadap Ayen yang diduga pelaku pencurian dengan pemberatan. Secara berturut-turut selama tiga kali, Ayen beraksi bersama seorang temannya,” jelas Iptu Sugeng.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP. “Pelaku kita jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun kurungan, untuk pelaku yang lain sudah kita kantongi identitasnya,” tandasnya. (Ed/hs)

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top