Ekonomi

Khawatirkan Inflasi Naik Di Bulan April, Ini Tanggapan Kepala Bidang Statistik

Kepala bidang Statistik Industrial BPS Sumatera Selatan, Herri Mirmayanto

Palembang, Kabarsumsel.id –  Sumbang inflasi di Kota Palembang Sektor makanan seperti cabai merah dan bawang merah, Selain makanan inflasi di bulan Maret ini, disumbang sektor transportasi, dampak dari kenaikan tarif harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite sebesar Rp 200 per liter.

Secara keseluruhan di bulan Maret ini, Palembang mengalami inflasi sebesar 0,93 persen, dan bila dilihat dari year on year inflasi tahun ini mencapai 3,27 persen.

Kepala bidang Statistik Industrial BPS Sumatera Selatan, Herri Mirmayanto mengatakan, imflasi di Kota Palembang pada maret terjadi kenaikan indeks, salah satu nya kelompok transportasi yang menyumbang 0,67 persen.

“Inflasi di Kota Palembang pada Maret, terjadi karena adanya kenaikan indeks harga tujuh kelompok komponen pengeluaran. Salah satunya kelompok transportasi yang menyumbang 0,67 persen penyebab inflasi yang ada.”katanya.

Selain kenaikan harga Pertalite, BPS juga mengingatkan harga sebagian bahan makanan yang belum stabil. Kondisi ini diakibatkan karena adanya perubahan cuaca.

Bila beberapa komoditas mengalami kenaikan, tidak demikian dengan harga beras. Karena di tahun ini harga beras justru mengalami penurunan harga sebesar 0,05 persen.

“Bila melihat kondisi seperti saat ini, dikhawatirkan inflasi tetap terjadi di bulan April mendatang. Apabila pemerintah tidak segera melakukan gerakan untuk menekan inflasi yang terjadi saat ini,” jelasnya.

Editor : FSS

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top