Kesehatan

Pemkab OKU Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional

Ibu kapolres oku bersama SD. Negeri 11 oku produk kreatif

Baturaja. Kabarsumsel.id – Kegiatan jalan sehat sambil pungut sampah yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 dan Tiga Bulan Bebas Sampah (TBBS) yang bertemakan Lihat Sampah Ambil (LISA).

Kegiatan ini dimulai dari jalan A yani taman Kota Baturaja start jam 6.30 minggu (25/02/2018) melewati rumah kabupaten. Dimana semua perserta dari sekolah tingkat SD, SMP, SMA, beserta dewan guru pengajar dan masyarakat OKU dari semua golongan. Dimana peserta diharuskan mengambil sampah dijalan dan memasukan kedalam kantong plastik atau karung yang dibawa dari rumah.

Nantinya perolehan sampah yang didapat akan ditimbang kemudian siapa pemilik sampah paling banyak akan mendapat kan hadiah. Juga setelah selesai menimbang semua peserta juga akan diberi panita kupon undian, yang bila beruntung akan mendapatkan hadiah.

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini bertujuan untuk mengurangi sampah. Yang dihadiri Bupati OKU Drs H Kuryana Azis.

Kapolres OKU AKBP Dra. Ni Ketut Widayana Sulandari, Kepala Dinas Pendidikan OKU Paranto SE. MM, Kepala DLH OKU Slamet Riyadi, dan semua jajaran OPD Pemkab OKU, beserta beberapa pimpinan dan perwakilan dari perusahaan swasta dan daerah yang mendukung seperti, Dirut PDAM OKU, Dirut PT Semen Baturaja (PTSB), Dirut Bank Sumsel Babel, dan lain.

Pada kesempatan itu Bupati didampingi Kapolres OKU beserta rombongan sebelum acara dilanjutkan, sempat melihat-lihat pameran kreativ sampah yang diolah menjadi hasil kerajinan tangan yang dapat dimanfaatkan sebagai cindra mata dan kesenian daerah. Sambil melihat bermacam macam bentuk benda yang terbuat dari bahan sampah atau pun bahan bekas yang didaur ulang tersebut dari kerajinan tangan beberapa Sekolah tingkat SD sampai SMA se kabupaten OKU.

Sambil mengucap kekaguman nya Bupati beserta rombongan melihat satu persatu karajinan tangan yang dipamerkan. Diantaranya kerajinan tangan kreativ dari SDN 11 OKU yang tak luput dari perhatian. Usai milihat-lihat Bupati beserta rombongan menuju keatas panggung acara untuk membagikan hadiah Doorprize yang sudah dinanti oleh ratusan peserta.

Kepala Sekolah SDN 11 OKU Erliyati, saat di wawancara Sumseltoday.com menuturkan, dengan adanya acara tersebut menambah wawasan para siswa siswa apa itu sampah yang bisa dikelolah, dimanfaatkan ada pun itu hasil atau bahan bahan daur ulang tersebut.

Yakni, 1. tempat tisu terbuat dari koran bekas 2. pupuk kompos yg terbuat dari daun yg dicacah,kotoran hewan kambing 3.tempat sampah terbuat dari tutup botol agua, 4. keranjang terbuat dari mulut gelas teh gelas 5. rumah adat terbuat dari stik bekas 6. lampu hias terbuat ember bekas kfc 7. tas terbuat dari bekas deterjen 8. baju gadis adiwiyata terbuat dari koran bekas 9. baju bujang adiwiyata dari bungkus deterjen 10. tempat tusuk gigi terbuat dari botol yakult. selain itu juga SD 11 oku ikut dalam kejuaran tingkat provinsi dan mendapatkan piala sanitasi yang dipajang di pameran kreatif kelolah sampah

Dan diakhir acara dilanjutkan dengan doorprize undian jalan sehat yang undian nomor dipilih oleh Bupati dan Kapolres memberikan undian berhadiah sepeda uji kecerdasan, dan siswa SDN 11 berhasil menjawab soal yang diberikan ibu kapolres oku, diakhir acara dilanjutkan dengan acara dofres nomor undian kupon oleh panita DLH .(yos)

Editor : FSS

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top