Ogan Komering Ulu

Prof Dr.Truman Simanjuntak : DNA Kerangka Manusia Purba Belum Diketahui

Prof Dr.Truman Simanjuntak : DNA Kerangka Manusia Purba Belum Diketahui
Prof Dr.Truman Simanjuntak

Kabarsumsel.com, BATURAJA – Hasil uji tes Deoxyribonucleat Acid (DNA) sample darah warga yang tinggal diwilayah Gua Harimau Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). hingga saat ini, penemuan kerangka manusia purba Gua Harimau belum diketahui, hal ini dikatakan Prof Dr.Truman Simanjuntak usai acara peresmian Rumah Peradaban Gua Harimau di Gua Puteri. Kamis Pagi (13/4)

“hasil DNA itu sampai sekarang ini belum ada, Tim Biologi Molekuler Eijkman Jakarta hingga saat ini hasilnya belum ada,” katanya.

Prof Dr.Truman menjelaskan, penelitian dilakukan oleh dua tempat yang pertama dilakukan di Eijkman dan satu lagi dari Jepang. ” Hasil tes DNA dari Eijkman belum ada, sedangkan hasil penelitian DNA sementara dari Jepang sudah ada, namun karena sifatnya ini sementara jadi hasilnya belum bisa kita publikasikan kepada Madagaskar, kalau penelitian Eijkman masih dianalisa,” Jelas Prof Dr. Truman.

Prof Dr.Truman Simanjuntak : DNA Kerangka Manusia Purba Belum Diketahui

Prof Dr.Truman Simanjuntak : DNA Kerangka Manusia Purba Belum Diketahui

dia membenarkan hampir dua tahun sample DNA diambil, mengapa belum selesai, sebab untuk melakukan analisa ini membutuhkan waktu lama.

“dan memang butuh waktu lama untuk menganalisa, Mudah-mudahan dalam waktu dekat hasilnya sudah ada,” terangnya.

dari hasil analisa DNA itu nanti bisa ditelusuri genetik yang hidup sekarang, apakah penemuan ada hubungan atau tidak dengan masyarakat sekitar.

” Jika seandainya hasil tes DNA masyarakat setempat sama dengan penemuan di Gua Harimau, ini akan menjadi pewarna baru didunia penelitian, artinya ada hubungan kehidupan dulu yang ribuan tahun dengan yang sekarang.
selain itu banyak penelitian yang bisa dikembangkan. maka dari itu hasil analisa yang benar-benar akurat masih kita tunggu,” ujarnya.

selain itu kita juga menemukan peralatan peninggalan manusia purba yang digunakan, serta sisa kerangka hewan yang diperkirakan bekas makanan. yang usianya kira-kira 22 ribu tahun bahkan lebih.

“hasil penelitian terakhir kata Prof Dr.Truman ditemukan 81 kerangka di Gua Harimau yang pernah hidup 4000 tahun sampai 5500 tahun yang lalu,” ungkapnya.

(Yan)

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top