Budaya

Palembang Akan Hapus Tari Gending Sriwijaya

Kabarsumsel.com, Palembang –  Palembang memiliki beragam budaya dan kesenian, salah satunya tarian, Dinas Kebudayaan Palembang tengah merencanakan memusnahkan tarian sriwjaya dan akan diganti dengan tarian sambut Palembang Darussalam.

“Selama ini kalau ada tamu atau penyambutan pakai tari Gending Sriwijaya, atau tari Tanggai. Padahal tarian itu bukan adat istiadat kita, mulai dari gerakan, pakaian penari dan musik dalam tari Gending Sriwijaya indentik dengan ajaran Hindu-Budha,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan Palembang, Sudirman Teguh.

Oleh karena itu, lanjut Sudirman, Palembang dengan mayoritas penduduk beragama Islam, sudah saatnya memiliki tarian sendiri, baik gerakan, lagu atau musik pengiring dan pakaian yang dipakai penari bernuansa Islami

“Kalau ditanya bagaimana gerakkannya saya tidak tahu, saya bukan ahli tari, seniman atau budayawan. Tapi kami dari Kebudayaan mendiskusikan dengan alhi tari, seniman atau budayawan, mereka 100% mendukung. Mereka yang lebih paham. Nanti kita lombakan untuk cipta tari Sambut Palembang Darussalam ini. Perlombaan tersebut akan digelar setelah pemilihan Duta Budaya, sekitar akhir bulan April mendatang,” jelas dia.

Maka, tari Sambut Palembang Darussalam akan diperkenalkan ke masyarakat luas, termasuk di pelajari di sekolah-sekolah. Lalu, nasib tari Gending Sriwijaya tetap ada namun untuk dipakai oleh Pemerintah Provinsi Sumsel. “Tari Gending Sriwijaya nanti ditarik oleh Pemprov Sumsel. dan tari Sambut Palembang Darussalam akan diatur dalam Peraturan Daerah,”ujarnya.(eka/rel)

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top