Hukum

Tim Penyuluh Hukum Kumham Sumsel Dorong Penegakan Kamtib di Lapas Kayuagung

Tim Penyuluh Hukum Kumham Sumsel Dorong Penegakan Kamtib di Lapas Kayuagung

Kayuagung, Infosumatera.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di wilayah Sumatera Selatan, Tim Penyuluh Hukum Kemenkumham Sumatera Selatan memberikan penyuluhan hukum kepada WBP di Lapas Kelas III Kayuagung Senin, (31/7/2018).

Kegiatan ini sesuai dengan surat perintah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM untuk melakukan penyuluhan hukum melalui pendekatan pembudayaan kesadaran hukum.

Diketuai oleh Asnedi sebagai Penyuluh Hukum Ahli Madya beserta tim Nelly Rusmania dan Dian Merdiansyah menjelaskan tentang Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, Selasa (31/7/2018), di Lapas Kelas III Kayuagung.

Menurut Asnedi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum para warga binaan. “Supaya Warga Binaan Pemasyarakatan berkelakuan baik selama menjalani hukuman pidananya, mereka harus mengikuti aturan yang berlaku di dalam lapas dan rutan” ujarnya.

Asnedi menambahkan materi yang diusung oleh tim adalah masalah ketertiban dan keamanan (Kamtib), mengingat pentingnya penegakkan Kamtib di Lembaga Pemasyarakatan, “upaya pembinaan narapidana dalam kerangka sistem pemasyarakatan dewasa ini masih sarat dengan permasalahan diantaranya adalah bidang penertiban dan pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan)” ujar Asnedi.

Tim Penyuluh Hukum Kumham Sumsel Saat menyampaikan materi

Lebih lanjut Asnedi mengkhawatirkan proses pembinaan di dalam Lapas/ Rutan tidak optimal dengan gangguan Kamtib “gangguan kemananan dan ketertiban Lapas dan Rutan semakin terusik dengan terjadinya berbagai kasus kerusuhan dan pelarian narapidana yang pada gilirannya mengancam upaya pembinaan”, pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan ini Kepala Lapas Kelas III Kayuagung Hamdi Hasibuan yang didampingi Kasubsi Pembinaan Dedi Marjana dan Kasubsi Kamtib M. Juarsa menyampaikan bahwa ia sangat apresiasi sekali kegiatan ini dan dapat dilakukan secara berkesinambungan.

“Kegiatan ini positif sekali, mudah-mudahan terus bersinambungan agar warga binaan dapat memahami akan hal tersebut yang telah disampaikan oleh tim penyuluh hukum”, ujar Hamdi.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 warga binaan ini dan mereka sangat antusias dan terima kasih mendapatkan pemahaman sehingga mereka akan mentaati aturan yang berlaku selama menjalani hukuman di lapas ini. (*/Nelly Rusmania/dera).

Beri Komentar

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STIA
To Top