, ,

Gubernur Bengkulu Tekankan, Pentingnya Bentuk Karakter Anak Mulai dari Lingkungan Keluarga

oleh -125 Dilihat

Gubernur Bengkulu Prof. Dr. Rohidin Mersyah

infosumatera.com-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Launching Pembinaan Orang Tua dengan Siswa SMK Bengkulu di Balai Raya Semarak Bengkulu, Jumat (27/10).

Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, pentingnya pendidikan karakter moral yang harus ditanamkan oleh guru terhadap siswa agar murid bisa memposisikan dirinya.

“Pendidikan karakter moralnya itu guru benar-benar harus melindungi muridnya dan anak muridnya juga harus tau diri posisinya sebagai murid, kedua hal ini yang harus dibangun,” ujar Gubernur saat memberikan sambutan.

Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang didalamnya tedapat suatu tindakan yang mendidik dan

diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan dari karakter moral ini sudah pasti mulia, agar tertanam sifat-sfat baik dalam diri anak.

Proses pembelajaran karakter moral ini sangat tepat sekali bila dimulai dari lingkungan yang terkecil yakni keluarga.

Dengan demikian seorang ayah dan seorang ibu di dalam rumahnya, tentu memiliki peran yang sangat penting dan besar untuk  menghasilkan karakter moral anak.

Jika persoalan ini tidak menjadi perhatian dari orang tua, kemungkinan besar, karakter moral yang sangat penting bagi perkembangan anak itu sendiri tidak bisa terwujud

Gubernur Rohidin juga mengimbau peran serta orang tua dalam memberikan pemahaman mulai dari lingkungan keluarga, sehingga ketika anak-anak ini bergaul di luar dapat terkontrol dan tidak melakukan hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

“Jadi anak tidak hanya memahami kurikulum di sekolah, namun mulai dari keluarga sudah dibentuk kurikulum keluarga, ”paparnya.

Jika mulai dari rumah dibina dan ditanamkan dengan baik, sikap disiplin, saling menghargai,anak  dalam pergaulannya tidak akan melakukan hal-hal negatif yang merugikan.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Saidiriman menyampaikan, kegiatan pembinaan orang tua dan siswa hari ini menjadi salah satu upaya menyatukan antara orang tua dan siswa dalam penguatan karakter.

“Kegiatan sosialisasi ini untuķ menyatukan antara orang tua dan anak perlu dicermati,”pintanya.

Sekarang ini marak terjadi kasus-kasus vìral semacam ini. Perlunya penguatan karakter, akan disampaikan langsung oleh master motivator kita bapak Gus Murlock, (pms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.