Serah Terima MoU Kejaksaan RI dengan TNI

oleh -94 Dilihat

Penyerahan MOU di Gedung Menara Kartika dari Kejagung Ke TNI

infosumatera.com-Kejaksaan Agung bersama TNI  melakukan penyerahan berkas Memorandum of understanding (MOU)  di Gedung Menara Kartika  Senin (12/6). MOU ini merupakan perubahan perubahan dari Nota Kesepahaman antara Kejaksaan RI dan TNI Nomor: KEP-070/A/JA/04/2018 dan Nomor: Kerma/17/IV/2018 tentang Kerja Sama Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Profesionalisme di Bidang Penegakan Hukum.

Ini sebagaimana telah dilakukan perubahan dengan Nota Kesepahaman antara Kejaksaan RI dan TNI Nomor: 215 Tahun 2020 dan Nomor: NK/21/XI/2020/TNI tentang Perubahan Atas Nota Kesepahaman antara Kejaksaan RI dan TNI Nomor : KEP-070/A/JA/04/2018 dan Nomor : Kerma/17/IV/2018 tentang Kerja Sama Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Profesionalisme di Bidang Penegakan Hukum.

Dari Kejaksaan Agung diwakili  Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Bernadeta Maria Erna Elastiyani. Sementara dari pihakl TNI diwakili Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI Laksamana Muda TNI Kresno Buntoro.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI Dr.Ketut Sumadena mengatakan dalam MoU ini,dijelaskan bahwa kedua belah pihak dapat melakukan kegiatan yang meliputi:pendidikan dan pelatihan;pertukaran informasi intelijen untuk kepentingan penegakan hukum;penugasan Prajurit TNI di lingkungan Kejaksaan Republik Indonesia;penugasan Jaksa sebagai supervisor di Oditurat Jenderal TNI. ‘’Dukungan dan bantuan personil TNI dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kejaksaan, ungkap di seperti yang tertera dalam rilis.

Selan itu akan ada pemberian pendampingan hukum, bantuan hukum litigasi dan non litigasi, pertimbangan hukum, penegakan hukum dan tindakan hukum lainnya di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara;pemanfaatan sarana dan prasarana dalam rangka dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi sesuai kebutuhan koordinasi teknis penyidikan dan penuntutan yang dilakukan oleh oditurat dan penanganan perkara koneksitas.

Turut hadir Jaksa Agung Muda Pidana Militer Anwar Saadi, Inspektur pada Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI, Kepala Bagian Penyusunan Program Laporan dan Penilaian pada JAM PIDMIL, dan Kepala Bagian Kerja Sama dan Hubungan Luar Negeri. demikian Ketut Sumadena  (rilis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.