,

Al-Hadi Mengaji Bentiring Permai Gelar Khataman Quran Spesial Ramadan

oleh -28 Dilihat
Anggota Grup Al-Hadi mengajai saat khataman Quran edisi spesial Ramadan 1445H

infosumatera.com – Grup membaca Al-Quran dengan nama Al-Hadi mengaji RT 23 Bentiring Permai Kota Bengkulu melakukan khataman Quran.

Acara tersebut digelar pada Sabtu 6 April 2024 malam, setelah salat Tarawih berjamaah di Masjid Al-Hadi RT 23 Kelurahan Bentiring Permai Kota Bengkulu

Seperti biasa khataman Al-quran yang dipimpin Ketua Tarjuli, M.Pd membacakan surah Al-Fatihah yang ditujukan buat para kaum Muslimin – Muslimat serta Mukminin – Mukminat.

Setelah itu melanjutkan membaca Juz 30 dimulai dari Surat At-Takasur secara bergiliran diteruskan oleh Jamaah lainnya sampai kepada surat An-Nas.

Ketua Takmir Masjid Al-Hadi RT 23 Bentiring Permai Gusman, M.TPd menjelaskan Grup Al-Hadi mengaji merupakan unit kegiatan Masjid yang rutin menyelenggarakan khataman. ”Untuk yang ini adalah edisi spesial di bulan Ramadan, ”jelasnya.

Gusman sendiri tercatat menjadi anggota Grup Al-Hadi mengaji dan rutin menyetorkan pembacaan ayat yang biasanya ditenggat sebulan satu kali.

Ketua Grup Al-Hadi mengaji RT 23 Bentiring Permai Tarjuli, M. Pd didampingi Panitia Pelaksana Syaprizal Syafri menambahkan pelaksanaan khataman dipilih malam ke-27 Ramadan.

Penyelenggaraannya digelar setelah melaksanakan salat tarawih bersama warga. Harapannya bersamaan itu diraih malam Lailatul Qadar yang menjadi impian semua jamaah untuk mendapatkannya.

Grup Khataman Quran Al-Hadi mengaji sudah terbentuk kurang lebih tiga tahun. Grup ini dimaksudkan untukĀ  anggotanya gemar membaca Al-quran sebagai amal saleh.

Banyak sekali keutamaan dan manfaat bagi orang yang suka membaca Al-Quran.

Seperti dalam Hadist Rasulullah SAW , diriwayatkan Nu’man bin Basyir, ”Sebaik-baik ibadah umatku adalah membaca Al-Quran (HR Baihaqi).

Orang yang gemar membaca Al-Quran akan mendapat syafaat di hari kiamat.

Keutamaan dari membaca Al-Quran yang pertama ialah dapat menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat kelak.

Rasulullah SAW bersabda :, ”Bacalah olehmu sekalian Al-Quran, karena sesungguhnya Al-Quran itu akan menjadi syafaat/penolong bagi para pembacanya di hari kiamat. (HR Muslim)

Gemar membaca Al-Quran bisa mendapat kebaikan berlipat ganda, siapapun yang membaca Al-Quran maka akan diganjar pahala dan kebaikan yang berlipat ganda

Sabda Nabi Muhammad SAW, ”Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-quran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatgandakan sepuluh semisalnya.

Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf (HR At-Tirmidzi).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.