,

Kewajiban Muslim Mengerjakan Salat Jumat

oleh -120 Dilihat
Merenungi Kemahabesaran Tuhan

infosumatera.com – Setiap hari jumat tiba, maka setiap Muslim, laki-laki  yang berakal dan baligh diwajibkan mengerjakan salat fardu jumat di Masjid secara berjamaah

Dalam Al-quran  surah al-Jum’ah  ayat 9 Allah SWT berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Wahai orang yang beriman, bila diseru shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah menuju zikrullah (shalat Jumat) dan tinggalkan aktivitas jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya.

Salat ini sama dengan pengganti salat zuhur yang biasa rutin dikerjakan Muslimin Muslimat setiap hari.Hanya saja  di salam salat Jumat terdapat perbedaan dibanding, dengan salat Fardu zuhur. Perbedaanya adalah jumlah rakaat salat jumat hanya 2. Sedangkan duanya lagi diganti dengan  khatib menyampaikan khutbah. Dengan begitu kedudukan khutbah jumat sangat penting, setara dengan 2 rakaat penggantinya.

Jamaah salat jumat selayaknya jangan mengabaikan keberadaan khutbah, sebab itu jamaah disunnahkan agar hadir sebelum khatib naik mimbar, agar bisa mendengarkan khutbah secara lengkap.

Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Bahwa Rasulullah SAW bersabda : Seseorang yang mandi pada hari jumat-sebagaiman mandi jumat, lalu berangkat diawal waktu menuju Masjid, maka seolah ia berkurban seekor unta. Siapa datang pada kesempatan (saat) kedua maka seolah dia berkurban seekor sapi. lalu orang yang datang pada kesempatan (saat) ketiga maka seolah ia telah berkurban seekor kambing yang bertanduk.

Kemudian orang yang datang pada (saat) kesempatan keempat seolah ia berkorban seekor ayam. Orang yang datang pada kesempatan (saat) kelima maka dia bagai berkurban sebutir telur. Dan apabila Imam sudah keluar (untuk memberi khutbah) maka para Malaikat hadir mendengarkan dzikir (khutbah sang imam) tersebut (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dengan memahami hadist diatas, betapa besarnya pahala yang diperoleh seseorang, saat hadir di salat jumat diwaktu-waktu awal dan menempati saf terdepan. Waktu-waktu awal itu bisa kurang lebih 15- 30 menit sebelum azan berkumandang.

Seseorang itu, melakukan zikir, membaca al-quran, sambil duduk menunggu jamaah lainnya untuk  datang ke Masjid bersama-sama menunaikan salat jumat berjamaah.

Salat jumat yang dikerjakan oleh seorang Muslim, bisa dikategorikan, atau dijadikan ciri-ciri seseorang itu masuk ke dalam golongan orang beriman dan bukan orang munafiq. Lebih –lebih salat itu selalu rutin dikerjakan setiap pekan, tanpa ada uzur misalnya karena sedang mengalami sakit atau karena sedang ada perjalanan dan lain-lain alasan yang dibenarkan oleh syar’i

. من ترك ثلاث جمعات من غير عذر كتب من المنافقين

Artinya: Siapa saja yang meninggalkan tiga kali ibadah shalat Jumat tanpa uzur, niscaya ia ditulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq (HR At-Thabarani).

Saat salat jumat berlangsung, biasanya khatib akan memberikan khutbah atau nasehat-nahaset agama yang  berguna bagi para jamaah untuk bekal hidup sehari-harinya  (*)

Penulis Kepala Seksi Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Bengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.