Master Nasional Pertama Bengkulu

oleh -336 Dilihat

 

 

 

infosumatera.com-Asrul Aji, S.Pd merupakan pemegang Master Nasional (MN) Catur pertama dari Provinsi Bengkulu. Gelar itu diperolehnya saat mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PERCASI di Ujung Pandang Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 1991 . Waktu itu Asrul Aji meraih peringkat ke-10 dengan meriah poin 9,5 dari 13 babak hingga menobatkannya menjadi peraih MN di usia yang masih muda 24 tahun.

Kepada infosumatera.com Asrul Aji menceritakan hobi bermain catur sejak duduk dibangku kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) . Untuk melatih kemampuan caturnya, dia sering berlatih bersama Buyahnya H. Abrar Zainal Husin (alm) pensiunan KPPN Bengkulu dan saudara-saudara laki-lakinya. Ia juga bergabung ke klub catur di Kota Bengkulu serta rutin melakukan latihan bersama teman-teman yang sama memiliki Hobi.

Selain itu Aji sejak kecil telah memiliki bakat bermain catur dan menguasai cara membaca notasi angka maupun notasi huruf. Kemampuan itu memudahkanya untuk belajar bermain catur melalui buku-buku yang merupakan rekaman turnamen-turnamen dunia.

Masih diusia muda Aji biasa disapa kerap mewakili Provinsi Bengkulu guna mengikuti Kejuaraan-kejuaraan catur tingkat nasional. Tidak jarang dari turnamen lokal ataupun nasional, ia berhasil mengumpulkan piala yang tersusun rapi dirumahnya saat itu di Kelurahan Kampung Bali.

Prestasi terbaik sosok ayah satu putri dan beristrikan Nirnamala, SE ini , pernah mengikuti seleksi nasional (seleknas) pada tahun 1991 untuk persiapan Olimpiade Catur ke-30 di Manila Filipina yang diselenggarakan dari 7 Juni hingga 25 Juni 1992 . Namun sayang saat itu Aji gagal, karena hanya berhasil mendapat peringkat ke-12 dari 10 orang yang terpilih. Walau gagal, Aji tetap tidak patah semangat, hobi olahraga catur masih terus ditekuninya, untuk menyalurkan hobi bermain olahraga ini hingga sekarang .

Kini jelang usia 56 tahun rutinas Pria kelahiran 22 Maret 1967 ini menjadi abdi negara di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbud) Balai Guru Penggerak Provinsi Bengkulu dan sedang menuntaskan studi pasca sarjana Magister Administrasi Pendidikan di Universitas Bengkulu (UNIB) (pms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.