Tulis Biografi Ayah, Menjadi Buku Ke empat

oleh -257 Dilihat

Jonsi Hunadar

infosumatera.com-Nama lengkapnya Jonsi Hunadar, M. Ag. Ayah dua putri dari perkawinannya dengan Olita Anggraini, M.TPd itu sehari-hari adalah dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Bengkulu. Selain aktif mengajar, Pak Jonsi begitu biasa dia disapa, juga aktif menulis buku. Keluarga Jonsi memang keluarga pendidik, sebab istri tercinta juga merupakan pengajar di Mtsn Kota Bengkulu.

Hingga tahun 2022 sudah empat judul buku berhasil diterbikan oleh penerbit Nasional hasil dari pemikiran pria yang kini sedang menuntaskan Studi S3 (Doktoral) di Kampus tempat ia mengajar. Buku kesatu berjudul Kenangan Indah ditengah Keluarga, Buku kedua Akhlak Cerminan Hati dan Buku Ketiga Filsafat Cinta perspektif Ibnu Hazm El-Andalusy

Buku Keempat yang berhasil ditulis berjudul Politik sang pendidik sekaligus ,merupakan buku Biografi dari ayah Kandungnya (Bak, Sapaan Jonsi untuk ayah) sendiri Yakni H. Djamian Kathmir, BA yang dikenal sebagai tokoh Politik ulung di Kabupaten Bengkulu Selatan. ‘’Alhamdulillah buku keempat ini sudah menjadi referensi mahasiswa untuk menekuni studi ilmu politik dan juga buku sebelumnya Yakni aklak cerminan hati, ‘’Kata Jonsi kepada infosumatera.com

Bagi Jonsi mengajar dan menulis sudah merupakan panggilan hatinya. Saat mengajar kita bisa menyampaikan ilmu kepada mahasiswa. Sedangkan lewat tulisan dan telah menjadi buku dapat lebih menyebar luaskan ilmu dan pengetahuan untuk pembaca yang lebih luas lagi. ‘’Menulis dan mengajar sudah hobi saya dari sejak sekolah, ‘’ungkapnya. Buku keempat Biografi, ‘’Bak ini”.dari kupasan sejarawan Publik dan merupakan Direktur Sekolah Langit Biru Hardiansyah diungkapkan setidaknya terdapat dua macam pendekatan dalam studi tokoh yaitu pendekatan sejarah (historical approach) dan kedua pendekatan studi bidang yang digeluti oleh tokoh tersebut.

Tentu saja tantangan studi adalah sikap subyektif yang terbawa dalam historiografi karena lingkungan emosional ataupun relasi lainnya terhadap gagasan maupun pribadi tokoh itu sendiri. Saya memandang bahwa buku mengenai Biografi Djamian Kathmir bukan sekedar buku kenang-kenangan hidup yang dominan unsur emosional dan subyektifnya namun mencoba mengupas pak Djamian dengan menggunakan pendekatan sejarah beserta dengan metodologinya. (Pms)

Bio Data
Nama Jonsi Hunadar, M. Ag
TTL : Manna 9 April 1972
Istri : Olita Anggrani, M. T.Pd
Anak : 2 Orang
Alamat jalan Perhubungan 2 kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu
Pekerjaan : Dosen dan Penulis Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.