,

5 Agenda Besar Ekonomi di 2024, Picu Uang Beredar Kian Banyak di Bengkulu

oleh -69 Dilihat
Akfivitas jual beli di Pasar tradisional di prediksi akan semakin bergairah di sepanjang tahun 2024 ini Foto : Aku Pintar

Catatan Ringan

Oleh : Iksan Agus Abraham, SH

infosumatera. com – Tahun 2024 sudah kita jelang. Pada tahun ini dprediksi perputaran ekonomi di Indonesia maupun di Bengkulu akan mengalami peningkatan yang sangat besar.

Tahun 2024 menjadi momentum tepat kebangkitan ekonomi Indonesia sekaligus meningkatnya kesejahteraan penduduk termasuk di Provinsi Bengkulu.

Sepanjang tahun itu, masyarakat di Indonesia akan menjalani sejumlah peristiwa penting terutama dari aspek peningkatan penghasilan msyarakat.

Peristiwa itu adalah pembayaran gaji pertama para PNS dan Pensiunan yang sudah mengalami kenaikan.
Seperti yang sudah kita ketahui Presiden Joko Widodo menaikan Gaji PNS sebesar Rp 8 persen. Kenaikan gaji juga diterima oleh pensiuan yang besarnya 12 persen.

Menteri Keungan Sri Mulyani, Ph.D menjelaskan untuk pembayaran kenaikan Gaji itu Pemerintah menyiapkan dana Rp 52 triliun.

Dapat dibayangkan dana sebesar Rp 52 triliun tersebut diluar dari dana rutin yang ditanggung Pemerintah untuk membayar gaji pokok para PNS dan Pensiunan sebelum dinaikkan.

Berdasarkan laporan dari Badan kepegawaian Negara (BKN) jumlah PNS dan ASN diseluruh Indonesia sekitar 4,8 juta diluar dari jumlah pensiun. PNS dan ASN s merupakan motor penggerak ekonomi.

Kenaikan Gaji PNS dan ASN ternyata membawa berkah, lantaran Pemerintah bersama Serikat Pekerja di Tanah Air telah pula menetapkan Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang besarnya disesuaikan disetiap daerah masing-masing.

kemudian pada periode Februari akan diselenggarakan pemilu yang damai, negara Indonesia sudah berkali-kali melaksanakan Pemilu dan selalu sukses baik dari penyelenggaran maupun dari aspek keamanan.

TNI-POLRI sebagai garda terdepan dan didukung seluruh lapisan masyarakat siap mengawal berlangsungnya pemilu yang damai

Hal seperti ini menumbuhkan semangat investasi yang tinggi di kalangan investor karena stabilitas politik yang baik.

Selanjutnya Peredaran uang akan lebih besar lagi saat pertengahan April kelak, jelang moment Idul Fitri, yakni para Pegawai Baik Pemerintah maupun swasta akan menerima tunjangan hari raya (THR.)

Lalu setelah itu disusul dengan penerimaan gaji ke-13 atau uang tambahan penghasilan untuk biaya anak masuk ke sekolah.

”Inilah yang saya maksudkan, perputaran uang akan meningkat drastis di masyarakat, ”ujar teman kepada penulis.

Dana sebesar itu  akan terserap dengan cepat, di masyarakat, mengingat karakteristik masyarakat kita, para Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara segera langsung memenuhi kebutuhan harian mereka setelah menerima penghasilan tambahan.

Toko-toko, pasa tradisional, pasar moderen, Mall-mall, serta usaha-usaha jasa lain seperti penjahit, rumah makan, transportasi akan langsung merasakan dampaknya. Masyarakat berduyun-duyun datang ke Pasar maupun ke pusat-pusat bisnis untuk berbelanja.

Para pedagang, dan penyedia jasa umumnya sudah mengantisipasi hal ini, dengan terlebih dulu menyediakan stok barang, sebagai bentuk aktifitas jual beli.

Hidupnya kegiatan jual beli akan memacu sektor lain juga bergerak seperti peternakan,pertanian, Industri, dan Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) . Dari sini jutaaan petani, pekerja swasta, penyedia jasa, usahawan kecil, pedagang kaki lima, buruh bangunan, kuli angkut akan merasakan dampaknya.

Sementara  disisi lain khusus   di Bengkulu saja, Gubernur  Bengkulu Rohidin Mersyah  saat rilis bersama awak Media sudah memastikan pembangunan Tol Bengkulu-Taba Penanjung dipastikan berlanjut, yang menyedot investasi ratusan miliar.

Pemantapan rencana berupa peningkatan potensi Pulau Enggano menjadi kawasan wisata serta potensi ekonomi lain juga kian dikebut.

Tak kalah penting akses pembukaan jalan mulus kawasan Bengkulu selatan -Kaur yang terhubung dengan Wilayah Sumatera Selatan, juga ditengarai semakin meningkatkan mobilitas penduduk yang berdampak signifikan kepada peningkatan pertumbuhan ekonomi.  SEMOGA….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.