,

Belajar Prinsip Komando, Raih Manfaat dari Prinsip Ini

oleh -168 Dilihat
3d illustration, An organizational chart depicts the company's line of command, management, and personnel management.

ilustrasi  sebuah komando 

Oleh : Iksan Agus Abraham, SH

infosumatera.com –Dalam dunia Militer di negara manapun  di dunia ini, ada satu prinsip yang dinamakan  prinsip komando.

Dengan prinsip ini, Militer menggerakkan pasukan, mulai dari Pucuk Pimpinan sampai ke Prajurit yang bertugas di medan tempur.

Prinsip Komando dalam sanubari  Prajurit tertancap kuat,  mereka bagaikan pasukan yang maju menyerang musuh dengan sangat gagahnya

Semua unsur militer  mulai dari atas sampai kebawah adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dan saling menguatkan

Masing-masing memiliki peran dan tugas, Prajurit dibawah sekuat atau sehebat apapun,  tak ada artinya tampa dipimpin oleh Jenderal yang berpengalaman.

Strategi dan taktik itu diperoleh dari pemikiran seorang Jenderal yang brilian  serta dibantu oleh Para Perwira-Perwiranya  diterjemahkan secara cepat dan baik oleh prajuritnya atau pasukan di lapangan.

Ibaratnya  satu orang Jenderal dan  prajuritnya adalah sebuah kesatuan yang utuh tak dapat dipisah-pisahkan.

Sesuatu  akan kuat bisa saling menopang, saling bahu membahu dan saling membantu. Setiap lini, memiliki jasa yang besar untuk  menghasilkan target  yang ingin dicapai.

Bagaikan   bangunan maka setiap bagian-bagiannya saling menguatkan sampai tercipta bangunan  kokoh, tahan gempuran hujan  badai, tetap kuat berdiri.

Ribuan prajurit tangguh,dan kokoh tak akan berjalan terpadu, tanpa digerakkan o Jenderal yang berani, tegas dan cerdas.

Itu pula hendaknya sebuah organisasi, baik  sosial, kekeluargaan, atau bahkan sebuah ikatan alumni yang terus bertumbuh untuk  satu silaturahmi .

Prinsip Komando tidak saja berlaku dalam dunia militer dalam tugas  manegemen juga ada prinsip ini, yang bisa dijalankan

mungkin saja Prinsip komando dalam militer tidak  bisa diterapkan 100 persen, karena prinsip komando ini   militer memilkiki spesifikasinya sendiri.

Hanya saja ilmu   prinsip yang sangat terkenal dalam sistem kemiliteran (Komando)   patut   diambil sebagai  pelajaran hingga  pembagian tugas tentu menjadi lebih jelas

Bukan berarti  dibawah lebih penting atau bahkan sebaliknya, semua bagian baik  diatas maupun dibawah punya andil dalam mencapai target

Satu kesatuan Militer maupun Organisasi , semuanya  dituntut untuk  saling mengasihi , saling menyayangi, dan saling mencintai diantara mereka

Sakit dibagian atas, tentu akan terasa pula sakitnya sampai ke bawah atau sebaliknya duka yang dialami bagian bawah (Prajurit), sudah akan tentu akan menjadi duka dibagian atas (Jenderal).

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadistnya terkenal

Dari An-Nu’man Bin Bisyir dia berkata, Bahwa Rasulullah SAW bersabda, : Perumpaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, mengasihi dan menyayangi diantara mereka ibarat satu tubuh.

Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya ikut terjaga (Tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan) sakitnya (HR Muslim No. hadist 4685) (**)

*Penulis adalah Kepala Seksi Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Bengkulu

:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.