, ,

HBN 2023, Derta Rohidin Dorong Batik Besurek Tumbuh dan Maju

oleh -130 Dilihat

Ketua Dekranasda Bengkulu Derta Rohidin saat mengenakan batik besurek

infosumatera.com-Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Rohidin menghadiri puncak peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2023 “Membatik Bersama” perajin seluruh Indonesia dengan tema “Batik Bangkit” di Musium Batik Indonesia TMII, Senin (2/10).

Acara dibuka langsung Ketua Dekranas Pusat  Wury Ma’ruf Amin ditandai dengan membatik motif IKN,Acara juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim.

Batik merupakan warisan asli Indonesia yang telah diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda sejak 2009.

Derta Rohidin mengatakan  pandemi beberapa waktu lalu mempengaruhi pendapatan para pengusaha batik.  Sebab itu, momen ini diharapkan mampu  meningkatkan semangat para pelaku industri kerajinan batik di Indonesia.

“Semua ini  diharapkan  dapat membangkitkan jiwa dan semangat perajin batik dan pelaku industri batik untuk terus tumbuh dan maju, setelah sebelumnya sempat tersendat akibat adanya pandemi COVID-19,” ujar Derta usai acara.

Batik Besurek Bengkulu kata Derta makin dikenal luas,  setiap event-event besar besar selalu ditampilkan  dan menarik minat masyarakat.

Dekranasda  mendorong agar perajin meningkatkan kualitas produk batik yang dipasarkan, karena Batik merupakan Indentitas Bangsa Indonesia.

“Desain Besurek sangat khas, berbentuk kaligrafi tanpa makna sehingga memiliki karakter yang unik dan kuat dipadukan dengan motif bunga Rafflesia, ”ungkapnya

Kita patut berbangga Besurek semakin dikenal dan ditampilkan pada setiap event bergengsi

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin mendukung  edukasi keragaman batik Indonesia kepada masyarakat khususnya generasi muda oleh Yayasan Batik Indonesia.

“Saya menyambut baik upaya yang dilakukan Yayasan Batik Indonesia untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keragaman batik di Indonesia, utamanya generasi muda,” kata Wury.

harapannya kepada generasi muda agar dapat mempelajari nilai-nilai dan filosofi dari batik nusantara.

Generasi muda, khususnya tidak hanya gemar mengenakan batik, tetapi juga turut mengenali dan mempelajari nilai dan filosofi-nya,

Para perajin dan pelaku industri batik di Tanah Air lanjut Wury  dapat terus meningkatkan kompetensi dan juga kualitas batik agar dapat memiliki daya saing tinggi.

Kepada seluruh pelaku dalam industri batik Indonesia, baik yang berskala industri rumah tangga maupun UMKM,

terus tingkatkan kompetensi, hingga mampu memproduksi batik yang bermutu, berdaya saing, dan diminati konsumen,

Menutup rangkaian acara, Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin mencanting Kain Batik sebagai tanda Puncak Peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2023. [Dimas & Faisal]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.