,

Bank Indonesia Bengkulu Dorong Pengembangan UMKM dan Wisata Melalui Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI)

oleh -84 Dilihat
infosumatera.com – Bank Indonesia  (BI) Bengkulu terus berkomitmen mendukung pengembangan UMKM dan Wisata di Provinsi  Bengkulu.
Salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBI BBWI).
Pcmerintah Provinsi Bengkulu sebagai campaign manager bersama Bank Indonesia, Kementerian Perindustrian, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
Sebagai co-campaign manager menjelang  akhir tahun ini menyelenggarakan harvesting GBBI-BBWI di Bengkulu dengan   tajuk Bencoolen Fest 2023.
Kegıatan harvesting  GBBI GBWI kali ini mengangkat tema “Mela Belanjo kek Bejalan ke Bengkulu“ yang dirangkaikan dengan kegiatan HUT Provinsi Bcngkulu ke-55.
Diselenggarakan selama 3 (tiga)   hari mulai Jumat  (17/11 ) sampai  dengan Mınggu  (19/11)
BI terus meIanjutkan upaya upaya mendorong UMKM untuk naik kelas melalui   proses kurasi, sertifikasi , dukungan go-ekspor, dan digitalisasi UMKM.
Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung menegaskan dari sisi pariwisata BI bersama Pemerintah Daerah juga mendorong terbentuknya desa desa wisata di daerah
‘’Bank Indonesia  memberikan dukungan dalam digitalisasi sistem pembayaran untuk memberikan kemudahan dalam proses transaksi, ”ungkapnya disela acara tersebut.
Selain itu, BI juga  terlibat  langsung dalam proses revıtalisai tempat tujuan wisata d Provinsi Bcngkulu ,
yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno Melalui komitmen itu  diharapkan UMKM dan wisata Provinsi Bengkulu semakin maju  dan mendunia.
BI Bengkulu secara aktif bersinergi dengan Pemerıntah Provinsi yang diwujudkan  dalam  dua inisiatf utama yakni,
melakukan pengembangan UMKM lokal dan kebijakan pendukungnya. Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi bersama Kementrian Perindustrian menyiapkan UMKM lokal  menuju on boarding dan go export.
Kemudian pengembangan atraksi pariwisata utama Provinsi Bengkulu. Bank Indonesia telah menyaring UMKM dan melakukan pembinaan.
Juga dilakukan Bussines matching untuk sisi permodalan dari perbankan.
Pemerintah Provinsi juga mengeluarkan kebijakan ASN menggunakan kain batik besurek dan mengikutsertakan UMKM, acara Expo Malaysia.
Telah ada 30 UMKM yang siap untuk  ikut dalam acara Malaka Expo  di Malaysia 7 sampai 11  Desember 2023, bulan depan.
Beberapa rangkaian acara digelar untuk memeriahkan Bencoolen fest 2023, yakni Bencoolen regional Economic Forum (BRIEF), Bencoolen School Competition Cinta Bangga Faham Rupiah oleh Bank Indonesia 17-18 November.
UMKM fair oleh kementrian Perindustrian 16-19 November, Pagelaran Teater Panggung Bangsawan : Lakon Ratu Samban oleh Komunitas Seniman Bengkulu 17 November.
Coffee Show Bussines Maching dan malam puncak  Gerakan Nasional BBI- BBWI.
Malam puncak itu sukses dengan digelarnya acara fashion show Batik Besurek dan Penampilan Ada Band,.
Penutup acara  digelar kegiatan gemilang 14 warna berupa jalan sehat dan senam massal yang diikuti ribuan masyarakat Provinsi Bengkulu
Gubernur Bengkulu meyakini HUT Provinsi ke-55 menjadi momentum untuk  wisata Bengkulu, befrkembang dengan baik dan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM akan berkembang pesat.
lolosnya 30 UMKM melalui kurasi dapat menjadi gerbang pintu masuk, produk-produk  Provinsi Bengkulu dikenal mancanegara.
Keberhasilan ini wujud dari sinergi dan kolaborasi semua, pemangku kepentingan, instansi vertikal, perbankan dan para pelaku usaha, untuk mengembangkan potensi daerah.
Ayo bersama majukan UMKM Bengkulu dan berwisata di Provinsi Bengkulu (rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.